Cara Memutihkan Wajah Secara Alami: Bahan dan Tips yang Wajib Diperhatikan!

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Memiliki kulit wajah yang kusam, gelap, dan tidak bercahaya dapat membuat penampilan Anda terlihat kurang menarik.

Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri seseorang, khususnya para wanita.

Mempunyai kulit wajah yang bersih, segar, putih, cerah, dan terlihat merona tentunya merupakan dambaan setiap orang, tidak hanya laki – laki tetapi juga perempuan. Pasalnya, kulit putih identik dengan kulit yang cantik dan bersih sehingga penampilan terlihat lebih menarik dan nantinya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Untuk mendapatkan kulit yang bersih, cerah, dan segar, orang – orang banyak yang menginginkan cara cepat dan instan.

Berbagai cara pun dilakukan. Ada yang menggunakan produk kecantikan seperti pelembab wajah, sabun wajah, bedak, alas bedak, serum, dan aneka kosmetik lainnya.

Selain itu ada pula yang melakukan perawatan kecantikan di salon dan menggunakan bantuan dari dokter kulit. Namun yang menjadi pertanyaan apakah produk kecantikan yang digunakan tersebut benar – benar aman untuk kulit wajah Anda.

Produk kecantikan seperti bedak dan alas bedak biasanya hanya mampu menutup wajah sementara, tidak membuat kulit putih secara permanen.

Ketika bedak tersebut dibersihkan, tentu kulit akan terlihat dengan warna seperti semula.

Selain itu, produk kecantikan juga tidak ramah untuk dompet karena banyak krim pemutih yang mahal dan perawatan kecantikan di salon apalagi dokter kecantikan memerlukan biaya yang tidak murah.

Memang, ada beberapa produk yang murah.

Namun apakah barang yang murah kualitasnya terjamin baik dan aman digunakan untuk kulit?

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami

Daripada Anda harus berspekulasi antara membeli produk kecantikan yang murah tetapi tidak aman atau mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan, tentu ada cara lain yang dapat dijadikan sebagai alternatif yang murah dan mudah untuk dilakukan.

Bahan Alami Untuk Memutihkan Kulit

Di sekitar Anda sebenarnya ada banyak sekali jenis bahan alami yang dapat membantu Anda memiliki kulit wajah yang bersih, segar, dan cerah.

Selain mudah, bahan – bahan tersebut juga dapat diperoleh dengan harga murah atau bahkan selalu tersedia di rumah Anda.

Selain itu,, ketika menggunakan bahan alami Anda juga tidak perlu merasa takut terhadap efek sampingnya karena aman untuk kulit maupun tubuh secara umum.

Berikut ini adalah beberapa cara memutihkan wajah secara alami dengan bahan – bahan di sekitar.

  • Jeruk Nipis

Buah yang satu ini dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Kandungan tersebut tentu dapat membantu kulit wajah agar dapat terhindar dari jerawat, mengatasi kandungan minyak berlebih di wajah, mengangkat sel kulit mati, dan yang paling penting adalah dapat mencerahkan wajah.

Tidak hanya sekedar berfungsi sebagai pemutih kulit, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam jeruk tersebut juga dapat membantu menangkal radikal bebas. Untuk memutihkan wajah dengan bantuan jeruk nipis sangatlah mudah yaitu belah jeruk jadi 2 bagian.

Setelah itu, oleskan di wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit atau sampai kering.

Bilas wajah dengan air sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, sebaiknya lakukan cara ini secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu.

Namun cara yang satu ini mungkin kurang sesuai untuk Anda yang memiliki kulit sensitive karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Hal ini juga dapat membuat kulit mengalami sensasi seperti panas.

  • Lemon

Sama seperti jeruk nipis, buah yang satu ini juga banyak mengandung vitamin C dan antioksidan.

Selain itu, lemon juga memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas di dalam kulit.

Buah lemon telah digunakan secara bertahun – tahun sebagai pemutih alami.

Kandungan asam di dalam lemon inilah yang berperan untuk memutihkan kulit dan mengangkay sel – sel kulit mati lapisan kulit terluar.

Cara penggunaannya, oleskan perasaan air lemon di wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Wajah pun nantinya akan terlihat lebih segar dan merona karena buah ini termasuk bahan bleaching alami.

Namun perlu diingat bahwa sari lemon murni dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi.

Untuk itu, Anda dapat mencampurkannya dengan sedikit air. Jika sudah dicampur, ambil kapas dan celupkan ke dalam larutan tersebut kemudian usapkan di wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

Untuk cara ini sebaiknya hanya dilakukan 2 atau 3 kali seminggu.

Terlalu sering menggunakan lemon dapat menyebabkan kulit Anda iritasi. Selain itu, gunakan pelembab setelah membilas wajah karena sari lemon dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Biasanya hasilnya akan mulai terlihat antara 3 – 4 minggu.

Walaupun sari lemon tidak memberikan efek memutihkan secara instan, sejauh ini sari lemon menjadi solusi alami yang paling efektif.

Pastikan wajah sudah dibilas sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan karena ketika wajah masih dalam kondisi diolesi sari lemon dan terkena sinar matahari, kulit akan terasa panas.

  • Jeruk

Masih dari jenis yang sama, buah jeruk juga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk memutihkan wajah secara alami.

Jadi selain dikonsumsi, buah ini juga dapat dijadikan sebagai masker untuk wajah. Cara untuk memutihkan wajah dengan jeruk pertama – tama peras air jeruk.

Setelah itu oleskan di wajah Anda, dan lakukan cara ini setiap hari secara rutin.

Tentunya hal ini akan membuat wajah Anda segera terlihat bersih, putih, dan segar.

  • Kulit Jeruk

Jika dibandingkan dengan buahnya, ternyata kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak.

Jadi, jika Anda adalah salah satu penggemar jeuk, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya ketika memakan buahnya.

Kulit dari buah ini dapat Anda manfaatkan untuk masker wajah dan dapat membantu memutihkan wajah secara alami serta menghilangkan noda di wajah.

Cara penggunaannya,jemur kulit jeruk sampai benar – benar kering.

Setelah itu, tumbuk kulit jeruk sampai halus.

Campurkan tumbukan kulit jeruk tersebut dengan air sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan di wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan.

Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kulit jeruk dapat membantu kulit memperbaiki kerusakan yang disebabkan karena radikal bebas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin dua kali seminggu.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman sejuta manfaat.

Tanaman ini memiliki kandungan aloesin yang dapat membantu menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap.

Oleh sebab itu tidak heran jika ada banyak jenis produk untuk mencerahkan wajah yang memanfaatkan lidah buaya sebagai salah satu komposisi utamanya.

Tanaman herbal yang diketahui dapat menjaga kesehatan dan kecantikan rambut ini juga berfungsi membersihkan dan melembabkan kulit wajah.

Untuk memutihkan kulit dengan lidah buaya, caranya ambil gel lidah buaya dengan cara mengelupas kulitnya. Oleskan gel tersebut di kulit wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 menit – 30 menit.

Bilas wajah dengan air sampai bersih. Cara ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

  • Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu proses regenerasi sel – sel kulit. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang dapat ikut membantu memberikan nutrisi dan melembabkan kulit.

Selain itu, pepaya juga dapat berperan sebagai sunscreen alami atau tabir surya untuk kulit wajah yang melindungi kulit dari paparan sinarmaatahari.

Cara memutihkan kulit dengan pepaya adalah siapkan pepaya yang sudah matang. Haluskan pepaya tersebut dan jika sudah lembut, Anda dapat menggunakannya sebagai masker untuk wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Cara ini dapat membantu kulit wajah terlihat lebih putih secara alami.

  • Alpukat

Buah yang satu ini memiliki manfaat untuk melindungi kulit wajah dari keriput dan berbagai tanda – tanda penuaan dini.

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin C, E, dan karotenoid anti oksidan. Vitamin E di dalam buah alpukat dapat membantu mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Sementara itu vitamin C adalah zat yang diperlukan untuk membuat kolagen dan elastin sehingga kulit wajah tetap terlihat kenyal.

Untuk memutihkan wajah dengan alpukat, haluskan daging alpukat matang sampai lembut. Oleskan alpukat tersebut di wajah secara merata dan diamkan selama 25 – 30 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

  • Pisang

Pisang banyak mengandung vitamin C dan sangat efektif untuk membantu memutihkan wajah secara alami.

Untuk memutihkan wajah dengan buah pisang sangatlah mudah. Caranya, haluskan 1 buah pisang matang sampai lembut dan tambahkan satu sendok madu.

Aduk rata dan oleskan di wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering.

Bilas wajah dengan air sampai bersih.

  • Stroberi

Buah stroberi memiliki kandungan buah ilagic yang sangat bagus untuk membantu mengatasi flek hitam di wajah sekaligus dapat mencerahkan kulit wajah secara alami.

Untuk memutihkan wajah dengan stroberi cara yang dapat dilakukan adalah menghaluskan buah stroberi sampai lembut.

Tambahkan beberapa tetes susu dan aduk sampai merata. Gunakan stroberi tersebut untuk masker wajah. Diamkans elama 30 menit dan bilas wajah dengan air bersih.

  • Tomat

Tomat memiliki kandungan senyawa antioksidan bernama licopen. Kandungan tersebut diketahui dapat menangkal radikal bebas akibat polusi dan membuat kulit wajah cerah berseri. Selain itu, buah tomat juga dapat berperan sebagai tabir surya alami yang dapat membantu meminimalisir kerusakan kulit akibat paparan sinar UV. Untuk menggunakan tomat sebagai pemutih, siapkan buah tomat yang sudah matang. Tumbuk tomat tersebut sampai halus atau dapat dihaluskan dengan blender. Oleskan di wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas wajah dengan air bersih. Lakukan cara ini 2 – 3 kali seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

  • Kentang

Kentang selain mengandung karbohidrat juga mengandung mineral yang dapat berperan sebagai antibiotik alami untuk menghambat tanda – tanda penuaan wajah dan membantu proses regenerasi kulit.

Selain itu, kandungan antioksidan alaminya juga berperan penting agar flek hitam dan noda di wajah dapat hilang atau tersamarkan secara sempurna.

Untuk memutihkan wajah dengan kentang, siapkan kentang dan rebus sampai matang.

Tumbuk halus kentang tersebut dan campurkan dengan beberapa tetes susu sampai teksturnya seperti pasta. Oleskan kentang tersebut di wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Bilas wajah dengan air bersih.

Cara memutihkan wajah dengan kentang ini akan memberikan hasil yang efektif bila dilakukan secara rutin yaitu setiap malam menjelang tidur.

Penggunaan bahan ini sangat cocok untuk kulit normal

  • Mentimun

Mentimun banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk menjaga kesegaran wajah agar wajah tidak terlihat kusam.

Selain itu, buah yang mengandung banyak air ini juga sangat efektif untuk menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar mata hitam atau mata panda. Untuk memutihkan wajah dengan buah mentimun, iris tipis buah mentimun.

Tempelkan irisan mentimun tersebut di seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bersihkan wajah dengan air bersih.

  • Bengkoang

Ada banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan buah bengkoang sebagai unsur pemutih alami.

Hal ini jarena bengkuang banyak mengandung vitamin B dan vitamin C yang memiliki peranan penting  untuk memutihkan wajah sekaligus menjaga agar wajah selalu bersih bersinar.

Cara memutihkan wajah dengan bengkoang, campurkan bengkoang sampai lembut daan peras dengan ditambahkan sedikit air.

Gunakan sari bengkoang tersebut sebagai masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas wajah dengan air bersih.

Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif.

  • Lobak Putih

Lobak tidak hanya sekedar digunakan sebagai bahan untuk masakan saja tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan kulit wajah.

Lobak mengandung vitamin B, vitamin C, zinc, dan fosfor.

Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Selain itu, kandungan air di dalam lobak yang cukup banyak juga dapat membuat kulit terasa lebih kenyal dan lembab.

Untuk memutihkan wajah secara alami dengan lobak, caranya siapkan 1 buah lobak putih dan parut atau haluskan.

Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata. Gunakan sebagai masker untuk wajah dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Bilas wajah sampai bersih.

  • Putih Telur

Bagian putih telur dipercaya mampu membuat kulit wajah menjadi kenyal dan juga dapat mencerahkan kulit wajah.

Putih telur banyak mengandung protein dan sebagai sumber mikronutrien. Putih telur ini dapat digunakan sebagai masker untuk wajah.

Hasilnya wajah akan terlihat cerah berseri. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan baunya yang amis, tambahkan 1 sendok makan sari jeruk lemon atau jeruk nipis.

  • Susu

Wajah memiliki kolagen untuk menjaga kulit agar tidak berkerut dan terasa kenyal. Susu menyimpan kandungan vitamin D di mana kandungan ini mampu meningkatkan produksi kolagen.

Sementara itu, kandungan vitamin B6 di dalam susu dapat merawat dan menjaga kulit sehinggakulit tetap lembab dan sehat.

Penggunaan susu sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering.

Untuk cara penggunaannya, campurkan 2 sendok makan susu segar dengan 1 sendok makan madu.

Aduk rata dan gunakan sebagai masker untuk wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air bersih.

  • Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu. Dengan demikian, kandungan di dalam yoghurt juga hampir sama dengan susu yaitu mengandung zinc dan kalsium.

Kalsium memiliki peranan penting untuk mencegah dehidrasi dan kulit kering.

Sementara itu, zinc membantu mengatasi masalah kulit wajah. Selain itu, ada pula kandungan vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan wajah dan membuat wajah cerah bersinar.

Untuk memutihkan wajah dengan yoghut, cukup siapkan secangkir yoghurt segar tanpa rasa atau yoghurt plain.

Oleskan di wajah secara merata atau jadikan sebagai masker wajah. Pijat wajah secara lembut dan perlahan. Diamkan selama 5 – 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

  • Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang terbukti mampu menangkal radikal bebas.

Teh hijau akan membantu kulit untuk meakukan regenerasi dengan cepat sekaligus mengangat sel – sel kulit mati di wajah.

Anda dapat memanfaatkan daun teh hijau segar maupun teh hijau bubuk untuk memutihkan wajah.

Jika Anda menggunakan daun teh segar, seduh daun teh tersebut selama 15 menit dalam air panas.

Tunggu sampai hangat – hangat kuku. Oleskan air teh tersebut di wajah.

Diamkan sampai kering dan bilas wajah sampai bersih.

Jika Anda menggunakan bubuk teh, campurkan 1 sendok makan bubuk teh hijau dan air sampai teksturnya menyerupai pasta.

Aplikasikan campuran tersebut sebagai masker wajah. Diamkan sampai kering dan bilas wajah.

  • Kopi dan Gula

Untuk memutihkan kulit wajah dengan bahan yang satu ini, Anda dapat menggunakan bahan tersebut sebagai scrub wajah supaya sel – sel kulit mati di wajah dapat terangkat secara sempurna dan tidak tertinggal serta menyebabkan wajah menjadi kusam.

Untuk caranya, campurkan 1 sendok teh gula dan 1 sendok teh bubuk kopi.

Tambahkan sedikit air sampai teksturnya kental. Gosokkan di wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati.

  • Air Rendaman Beras

Saat Anda hendak menanak nasi, sebaiknya jangan buru – buru untuk membuang airnya. Di dalam beras terdapat kandungan asam ferrulic dan juga allantoin.

Kedua kandungan ini dapat membantu memutihkan dan melindungi kulit wajah.

Untuk caranya, tampung air bekas cucian beras. Biarkan air beras tersebut mengendap. Buang air di bagian atas sehingga yang tersisa hanya endapannya.

Gunakan endapan air beras tersebut untuk masker wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas wajah dengan air bersih.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga memiliki kandungan zat linoleic acid yang dapat membantu menjaga kadar air di dalam kulit wajah.

Jadi Anda tidak akan mengalami keriput di usia dini. Tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol yang dapat melindungi sel – sel kulit dari ancaman kerusakan.

Untuk menggunakannyaa, campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu. Aduk rata dan aplikasikan di wajah sebagai masker.

Diamkan selama 15 menit dan bilas wajah sampai bersih.

  • Cuka Apel

Bahan yang satu ini dikenal dengan rasanya yang asam. Tetapi asam tersebut justru dapat membantu proses regenerasi kulit dan mengikis serta mengangkat sel kulit mati di wajah.

Cuka apel dapat berperan sebagai toner alami untuk wajah. Selain itu, cuka apel juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mengurangi radang pada kulit.

Untuk memutihkan wajah dengan cuka apel, campurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air.

Celupkan kapas  ke dalam cairan tersebut dan oleskan di wajah secara merata.

  • Madu

Madu merupakan pelembab alami bagi wajah dan memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit.

Hal ini karena madu memiliki kandungan antioksidan dan dapat mengangkat sel – sel kulit mati.

Untuk cara penggunaannya, siapkan 1 sendok makan madu. Oleskan di wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit.

Bilas wajah dengan air bersih. Jika Anda melakukan cara ini secara rutin setiap hari, maka Anda akan mendapatkan hasil optimal.

  • Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit atau kunyit asli yang diparut dapat menjadi bahan pencerah alami yang efektif untuk kulit.

Caranya, tuangkan 1 sendok makan bubuk kunyit atau parutan kunyit ke dalam cangkir.

Tambahkan beberapa tetes susu atau sari lemon sampai teksturnya berbentuk seperti pasta.

  • Tepung Gram

Tepung gram atau gram flour merupakan bahan yang belakangan ini populer digunakan sebagai cara untuk memutihkan kulit.

Tepung gram diketahui memiliki kandungan antimikroba yang dapat melindungi kulit dari iritasi dan infeksi.

Caranya, tuangkan ¼ cup gram foulr ke dalam mangkuk dan tambahkan sedikit susu atau sari lemon sampai teksturnya kental.

Aplikasikan sebagai masker untuk wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Selain itu, tepung gram juga dapat dikombinasikan dengan air mawar karena air mawar dapat melembabkan kulit, meremajakan, dan membuat kulit terlihat lebih segar.

Bahan kombinasi lainnya yang dapat digunakan adalah yoghurt karena mengandung bakteri probiotik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya bersinar. Caranya, siapkan 2 sendok makan tepung gram dan 2 sendok teh air mawar atau yoghurt.

Campurkan bahan tersebut sampai teksturnya seperti pasta. Air mawar dianjurkan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak dan kulit normal.

Sementara itu yoghurt cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit kering. Setelah itu, aplikasikan masker tersebut di wajah dan diamkan selama 20 – 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Cara ini dapat dilakukan tiga kali seminggu sebelum tidur di malam hari.

  • Bubuk Kayu Cendana

Cendana memiliki kandungan pemutih dan pencerah alami. Bahan ini dapat menghambat aktivitas tyrosinase sehingga menurunkan produksi melanin.

Bubuk kayu cendana dapat dikombinasikan dengan bubuk almond dan susu karena keduanya mengandung nutrisi penting sekaligus berperan sebagai pembersih alami kulit sehingga kulit Anda akan terlihat lebih sehat dan cerah setelah melakukan perawatan dengan bubuk tersebut.

Cara penggunaannya, siapkan 1 sendok makan bubuk kayu cendana dan 1 sendok makan bubuk almon serta sedikit susu.

Campurkan bubuk cendana dan almond dengan beberapa tetes susu untuk menghasilkan pasta yang lembut. Aplikasikan pasta tersebut di wajah sebagai masker selama 20 – 30 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Jika Anda merasa kulit kering setelah dibilas, berikan pelembab pada kulit.

Cara ini cocok dilakukan untuk semua jenis kulit dan dapat dilakukan 2 – 3 kali seminggu.

Bagi Anda yang sebelumnya sama sekali belum pernah menggunakan bubuk cendana, lakukan sedikit percobaan dengan mengaplikasikannya di lengan dan biarkan selama 24 jam.

Jika tidak terjadi reaksi atau iritasi, Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah.

  • Labu

Labu kaya akan kandungan antioksidan dan asam yang dapat mengeksfoliasi kulit. Selain itu, labu juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan betakaroten.

Semua kandungan ini sangat membantu untuk mencerahkan dan memutihkan wajah.

Untuk memutihkan wajah dengan labu, siapkan satu potong labu, ½ sendok teh madu, dan ½ sendok teh susu.

Untuk membuat puree labu, pertama – tama potong labu tersebut menjadi potongan kecil-kecil. Setelah tu, rebus sampai matang dan lumatkan sampai halus.

Selanjutnya, tambahkan 2 sendok labu tadi dengan susu dan madu.

Gunakan pasta labu tersebut sebagai masker untuk wajah dan diamkan selama 20 – 30 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Cara ini dapat dilakukan sebelum tidur di malam hari. Sebaiknya, lakukan cara ini 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan wajah dengan labu cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Jika Anda mengalami alergi dengan penggunaan produk susu, maka susu dapat diganti dengan gel lidah buaya atau air mawar.

  • Anggur

Kandungan asam di dalam buah anggur berperan untuk membantu membersihkan dan mencerahkan kulit.

Buah ini berperan sebagai agen pemutih alami dan efektif untuk mengecilkan pori – pori kulit. Untuk memutihkan wajah dengan anggur, Anda dapat mengkombinasikannya dengan putih telur karena kandungan protein di dalam putih telur memiliki sifat antibacterial yang dapat melindungi kulit dari infeksi luar.

Bahan yang  perlu dipersiapkan antara lain adalah 1 sendok teh sari dari buah anggur, 1 putih telur, 1 sendok teh sari lemon, dan 2 sendok teh sour cream.

Cara pembuatannya, kocok putih telur di dalam mangkuk sampai mengembang.

Di mangkuk lainnya, tuangkan sour cream dan campurkan dengan sari anggur dan sari lemon.

Setelah itu, tambahkan campuran tersebut ke dalam kocokan putih telur dan campur sampai rata. Gunakan campuran tersebut sebagai masker untuk wajah dan diamkan selama 15 – 30 menit.

Bilas wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini sebelum tidur dan dengan intensitas 3 kali seminggu.

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, normal, dan kulit kombinasi.

Sebenarnya Anda yang memiliki kulit kering juga dapat mencoba perawatan ini tetapi pastikan untuk menggunakan pelembab setelah melakukan perawatan.

  • Blueberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan untuk meningkatkan sistem imun dan dapat membantu membuat kulit terlihat bercahaya.

Untuk caranya, Anda memerlukan satu cangkir buah blueberry segar dan setengah cangkir yoghurt plain.

Cacah buah blueberry dan blender sampai lembut. Tambahkan yoghurt dan campur rata.

Aplikasikan campuran tersebut di wajah sebagai masker

. Diamkan selama 15 – 30 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Cara ini sebaiknya dilakukan dua kali seminggu secara teratur di malam hari sebelum tidur.

Cara ini cocok dilakukan untuk semua jenis kulit. Bagi Anda yang merasa tidak yakin apakah blueberry cocok untuk kulit wajah Anda, cobalah untuk melakukan reaksi uji alergi dengan mengoleskannya sedikit di dalam lengan atau wajah.

  • Tepung Beras

Baik air beras maupun beras bubuk atau tepung beras sebenarnya sudah digunakan sejak lama oleh para wanita asia untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, lembut, dan cerah. Menurut penelitian, beras dilaporkan dapat melindungi kulit dari sinar UV dan berperan sebagai zat anti aging.

Untuk memutihkan wajah dengan beras, siapkan setengah cangkir beras dan 3 sendok makan susu.

Giling atau blender beras tersebut sampai menjadi bubuk halus. Atau Anda juga dapat menggunakan tepung beras.

Campurkan bubuk tersebut dengan susu sampai teksturnya seperti pasta. Gunakan pasta beras dan susu tersebut sebagai masker untuk wajah.

Diamkan selama 20 – 30 menit. Bilas wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 atau 3 kali seminggu.

Cara ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Jika Anda alergi susu, maka susu dapat diganti dengan air mawar atau air mineral.

Itulah beberapa cara untuk memutihkan wajah dengan bahan – bahan alami. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukan cara tersebut secara teratur.

Scrub Untuk Memutihkan Wajah Secara Alami

Selain digunakan sebagai masker untuk wajah, ada beberapa bahan alami yang dapat dijadikan sebagai scrub untuk membersihkan sekaligus memutihkan kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa alternatif scrub wajah yang dapat Anda coba.

Scrub Lidah Buaya dan Tepung Beras

Lidah buaya merupakan solusi terbaik untuk berbagai masalah kulit. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan komponen yang bersifat memperbaiki, menutrisi, dan juga melindungi kulit.

Sementara itu, tepung beras akan mengangat sel – sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah.

Untuk membuat scrub ini, cukup siapkan lidah buaya dan 2 sendok makan tepung terigu.

Kupas lidah buaya tersebut dan ambil gel di dalamnya. Celupkan gel tersebut ke dalam tepung beras dan usapkan di wajah sambil dipijat memutar di wajah.

Lakukan scrubbing selama beberapa menit secara merata di wajah dan bilas dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin.

Keringkan wajah dengan handuk lembut dan gunakan pelembab. Lakukan cara ini saat sore hari dan rasakan perbedaannya dalam beberapa hari.

Hal yang perlu diperhatikan, pastikan Anda melakukan scrubbing dengan lembut dan tidak memberikan terlalu banyak tekanan.

Memijat terlalu keras dapat merusak kulit Anda.

Baking Soda

Melakukan scrub dengan bubuk baking soda sangat efektif untuk menghilangkan sel – sel kulit mati dan membunuh bakteri di wajah.

Hasilnya wajah akan terlihat lebih segar dan cerah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, tambahkan beberapa tetes sari lemon.

Untuk cara membuat scrub wajah dari baking soda, siapkan 2 sendok teh baking soda dan air secukupnya. Campurkan baking soda tersebut dengan air sampai teksturnya kental seperti pasta. Gunakan krim baking soda tersebut di kulit wajah secara merata dan lakukan scrub selama 5 menit.

Bilas wajah dengan air dan kemudian berikan pelembab di wajah.

Cara ini dapat dilakukan setiap hari selama seminggu dan lihatlah perbedaan warna kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitive, cara ini mungkin kurang sesuai untuk Anda.

Hal yang Harus Dihindari Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dari cara memutihkan kulit yang sudah Anda lakukan dengan bahan – bahan alami, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari saat memutihkan wajah.

  • Jangan Gunakan Produk Pemutih atau Zat – zat Berbahaya Pada Kulit

Saat ini ada beberapa mitos berbahaya yang tersebar terkait penggunaan pemutih, ammonia, dan bahan pembersih rumah tangga di dalam produk – produk pemutih.

Bahan – bahan kimia di dalam cairan pembersih tentu saja sangat berbahaya untuk kulit dan dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang.

Ciri – ciri kulit yang rusak biasanya terlihat lebih gelap sehingga  penggunaan bahan kimia seperti ini justru akan berakhir sebaliknya dari yang Anda harapkan.

  • Jangan Gunakan Produk yang Tidak Sesuai Standar

Tidak peduli seperti apa warna kulit Anda akan berubah, pada dasarnya, setiap warna kulit dapat memancarkan kecantikannya masing-masing.

Jadi lebih baik gunakan produk yang aman dan alami untuk mencerahkan kulit walaupun perubahannya tidak terlalu signifikan.

Jangan mencari produk yang benar – benar dapat mengubah warna kulit Anda dari warna aslinya.

Daripada mencoba mendapatkan warna kulit yang berbeda, cobalah untuk menerimanya.

Jika Anda memang terlahir dengan warna kulit gelap, maka pancarkanlah keindahannya dan jangan biarkan orang lain memintamu  untuk mengubahnya.

  • Jangan Terlalu Terobsesi

Banyak wanita di dunia ini menganggap standar kecantikan adalah kulit yang putih dibandingkan kulit gelap.

Padahal banyak juga wanita lain yang mencoba menggelapkan warna kulit mereka dan rela membayar mahal serta melakukan perawatan yang dapat beresiko terhadap kanker kulit demi mendapatkan beberapa tingkat penggelapan.

Jadi sebenarnya kecantikan itu adalah hal yang relative.

Hal yang Perlu Dilakukan Untuk Memutihkan Wajah Secara Alami

  • Menjaga Kulit Tetap Sehat

Ketika Anda menginginkan kulit yang sehat, hal paling penting yang perlu dilakukan adalah menjaga kulit tetap sehat.

Pasalnya, kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan memerlukan perawatan yang rutin.

Menjaga kulit tetap terhidrasi, menjaga pola makan, menjaga kelembaban, dan melakukan eksfoliasi akan membuat kulit Anda selalu sehat.

  • Melakukan Eksfoliasi Kulit

Adanya sisa – sisa sel kulit mati di permukaan kulit wajah Anda dapat menyebabkan kulit terlihat gelap dan kusam.

Jadi untuk mencerahkan kulit, sangat penting untuk melakukan eksfoliasi kulit secara teratur. Salah satu cara terbaik untuk melakukan eksfoliasi kulit adalah dengan menggunakan scrub yang terdiri dari gulaa atau garam.

Pada saat mandi, basahi kulit dan aplikasikan scrub tersebut dengan gerakan memutar perlahan. Atau Anda juga dapat menggunakan facial scrub yang memiliki kandungan lebih lembut.

Bahan lainnya yang dapat digunakan untuk membuat scrub wajah adalah almond atau oatmeal yang dihancurkan.

Bahan ini merupakan eksfoliator alami yang tidak akan merusak kulit wajah Anda yang sensitive.

  • Menjaga Kelembaban Kulit

Menjaga kulit Anda tetap lembab akan membantu mencegah akumulasi sel – sel kulit mati dan cepat kering.

Untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah, aplikasikan pelembab setiap hari setelah Anda mandi.

Pilihlah produk pelembab yang tidak mengandung alkohol karena alkohol dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering.

Untuk bahan pelembab alami, Anda dapat menggunakan minyak kelapa murni.

Ini adalah bahan pelembab yang bagus untuk membuat kulit terlihat bercahaya dan awet muda.

Selain itu, bahan alami lainnya yang dapat melembabkan kulit adalah minyak jojoba, minyak zaitun, dan juga minyak almond. Bahan tersebut semuanya memberikan efek yang hampir sama sehingga Anda dapat menggunakan salah satunya.

  • Mengurangi Paparan Sinar Matahari Terhadap Wajah

Memang tidak mudah untuk menjaga kulit agar tidak terkena sinar matahari setiap hari.

Tetapi kenyataannya kulit yang terpapar sinar matahari akan berubah menjadi lebih gelap.

Ini tidak berarti Anda harus selalu berada di dalam rumah setiap hari. Anda hanya perlu meluangkan beberapa waktu untuk menyiapkan diri terhadap paparan sinar matahari sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Untuk menjaga kulit wajah Anda agar tidak terlalu terdampak oleh sinar matahari, sebaiknya gunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi.

Tabir surya yang bagus memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Kandungan SPF yang semakin kecil masih memungkinkan paparan sinar matahari membakar kulit.

Selain itu, penggunaan tabir surya sebaiknya juga tidak hanya dilakukan saat pagi hari tetapi juga diulang saat dibutuhkan.

  • Memakai Topi dan Pakaian Tertutup

Selain menggunakan tabir surya, Anda juga perlu memakai perlengkapan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari misalnya dengan memakai topi. Cara ini akan membantu menghalangi sinar matahari ke wajah Anda secara langsung.

Jenis topi yang lebar juga dapat menghalangi sinar matahari mengenai leher dan pundak.

Selain topi, pada saat beraktivitas di luar ruangan Anda juga dapat mengenakan celana panjang dan baju lengan panjang.

Jika cuaca sedang panas, sebaiknya pilihlah bahan yang tipis dan mudah menyerap keringat sehingga Anda tetap nyaman untuk beraktivitas

  • Tidak Menghindari Sinar Matahari Sepenuhnya

Jangan berusaha untuk sama sekali tidak terkena sinar matahari. Tubuh Anda sangat tergantung oleh sinar matahari yang mengandung vitamin D.

Vitamin D tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga beberapa fungsi vital lainnya.

Sinar matahari yang masih ramah untuk kulit adalah di pagi hari.

Perawatan Harian yang Dapat Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Melakukan perawatan harian untuk kulit wajah adalah hal yang penting selain melakukan perawatan dengan bahan – bahan alami yang telah disebutkan di atas.

Dengan melakukan hal – hal di bawah ini, kulit Anda akan terlihat lebih putih dan bercahaya secara alami.

  • Bersihkan Wajah Setiap Hari

Bersihkan wajah secara rutin yaitu sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Gunakan pembersih wajah seperti facial cleanser yang banyak tersedia di pasarkan dan bersihkan secara lembut. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  • Lakukan Eksfoliasi Kulit

Lakukan eksfoliasi kulit dengan menggunakan scrub alami seperti yang telah disebutkan di atas.

Lakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu.

Jika Anda repot untuk membuatnya sendiri, gunakan produk facial scrub yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

  • Masker Wajah Secara Rutin

Lakukan masker wajah atau face pack untuk mengangat kotoran dan sel kulit mati di wajah.

Masker tersebut juga dapat menutrisi kulit.

Masker wajah dapat dilakukan sekali atau 2 kali seminggu. Jangan aplikasikan masker lebih dari 2 kali seminggu karena dapat menyebabkan kulit kering.

  • Jangan Mengusap Wajah Terlalu Keras

Untuk mengeringkan wajah setelah mandi atau cuci muka, gunakanlah handuk yang lembut dan jangan menggosok wajah terlalu keras tetapi cukup ditepuk – tepuk perlahan.

  • Memakai Toner

Toner atau penyegar juga wajib masuk dalam daftar rutinitas perawatan wajah Anda. Toner berperan untuk menyeimbangkan pH kulit dan juga sebagai astringent.

  • Memilih Pelembab Sesuai Jenis Kulit

Pelembab merupakan produk kecantikan yang penting untuk menjaga kelembaban kulit wajah Anda.

Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Sebagai contoh, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya gunakan pelembab yang ringan dan bebas minyak.

Untuk para pemilik kulit kering, pilihlah pelembab yang dapat menjaga kulit tetap lembab sepanjang hari.

  • Memakai Sunscreen Setiap Hari

Sunscreen atau tabir surya wajib dipakai setiap hari.

Entah itu hari cerah atau mendung, sebaiknya Anda tetap memakai tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pakar dermatologis menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 20.

  • Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

Kulit wajah yang tertutup oleh make up tidak dapat ‘bernapas’ dan membuat kotoran terjebak di kulit serta menimbulkan jerawat.

Biasakan untuk selalu membersihkan wajah dari make up sebelum tidur sehingga tidak ada lagi kotoran dan make up yang menempel di kulit.


Baca artikel kami tentang cara memutihkan wajah lainnya yuk :

Cara Memutihkan Wajah Pria Secara Alami yang Mudah dan Lengkap

Cara Memutihkan Wajah Dengan Jeruk Nipis

Tinggalkan komentar